fbpx
Whatsapp

Jenis-Jenis Karpet untuk Kenyamanan Apartemen Anda

jenis jenis karpet untuk kenyamanan apartemen anda

Karpet banyak digunakan orang sebagai pelengkap interior yang tak hanya berfungsi menambah kenyamanan.

Umumnya, banyaj jenis-jenis karpet digunakan di ruang kamar tidur, ruang kantor, ruang tamu dan ruang keluarga serta ruang bermain anak. Sedangkan untuk ruangan seperti dapur dan ruang makan yang termasuk area mudah kotor, orang jarang menggunakan karpet agar lantai lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Apartemen Anda

Nah, Anda termasuk orang yang suka menggunakan karpet sebagai pelengkap interior ruangan di apartemen Anda? Jika iya, tentu Anda wajib tahu apa saja jenis-jenis karpet yang tersedia di pasaran saat ini. Di bawah ini kami telah merangkum informasinya khusus untuk Anda. Yuk simak!

Jenis-Jenis Karpet Untuk Apartemen

Mungkin tak banyak orang tahu, jika karpet punya beragam jenis dilihat dari segi bentuk dan bahannya. Berikut jenis-jenis karpet tersebut.

1. Dari Segi Bentuk

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, berikut jenis karpet yang bisa anda gunakan untuk melengkapi lantai apartemen anda.

  • Persegi

Karpet berbentuk persegi adalah karpet yang paling banyak ditemui di pasaran karena penggunaanya mudah disesuaikan dengan ruangan apapun. Namun begitu, karpet persegi paling cocok untuk ruang kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang bermain anak.

  • Bulat atau Oval

Karpet berbentuk bulat atau oval mampu memberikan kesan unik dan artistik pada sebuah ruangan. Jadi, banyak dipilih sebagai pelengkap interior ruang tamu.

  • Setengah Lingkaran

Karpet berbentuk setengah lingkaran juga tak kalah unik. Biasanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga banyak digunakan sebagai pelengkap interior untuk mempercantik area pintu masuk sebuah ruangan.

2. Dari Segi Bahan

Namun jika dilihat dari segi bahan yang digunakan, berikut jenis-jenis karpet yang bisa menjadi pilihan anda:

  • Karpet Akrilik

Karpet berbahan akrilik bertekstur mirip wol. Itu sebabnya sering disebut sebagai wol sintetis. Harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan karpet wol asli. Karpet ini tak mudah kotor namun mudah berubah warna (apalagi jika terkena produk pembersih berbahan alkalin) dan tidak begitu awet alias mudah rusak.

  • Karpet Polyester

Karpet berbahan polyester tidak menimbulkan alergi dan warnanya sangat cerah dan awet. Kekurangannya agak sulit dibersihkan terutama jika terkena noda minyak.

  • Karpet Nilon

Benang nilon banyak digunakan untuk membuat karpet. Bertekstur lembut, tak mudah kotor dan sangat awet. Sebuah karpet nilon bisa tahan hingga 15 tahun lamanya lho!

  • Karpet Wol

Karpet berbahan wol asli sangat mahal karena tampilannya mewah dan sangat nyaman serta dibuat tanpa bahan kimia sehingga tidak menimbulkan alergi. Sangat tidak disarankan penggunaanya untuk ruangan lembab.

  • Karpet Benang Rami

Karpet benang rami memiliki tekstur padat dan cenderung kasar. Biasanya digunakan untuk luar ruangan karena tahan terhadap cuaca.

  • Karpet Katun

Karpet katun bertekstur lembut seperti wol tapi kalah awet dibandingkan karpet wol. Oleh karena itu, harganya juga lebih murah dibandingkan karpet wol.

  • Karpet Sutra

Karpet sutra terbuat dari serat sutra alami berkualitas sangat tinggi. Teksturnya halus dan lembut jadi sangat nyaman, dengan desain mewah serta corak warna yang kuat. Tak heran harganya sangat mahal.

  • Karpet Polypropylene

Sama seperti nilon, polypropylene atau sering disebut olefin juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan karpet. Bertekstur mirip wol sehingga sering digunakan sebagai pengganti wol. Tak mudah terkena noda dan mudah dibersihkan.

Kesimpulan

Terbukti, karpet merupakan salah satu perabotan yang sangat berguna untuk apartemen Anda. Apapun jenis-jenis karpet pilihan Anda, selama sesuai dengan bentuk dan bahan yang Anda ingini.

Semoga informasi jenis-jenis karpet di atas dapat membantu Anda menentukan pilihan jenis karpet yang sesuai untuk digunakan di ruangan apartemen Anda.

Baca Juga: Desain Interior Apartemen Mewah ini Dapat Anda Terapkan

Hunian mewah, nyaman, dengan berbagai fasilitas menarik. Tentu saja hanya di Saumata. Sesuaikan selera Anda dengan pilihan apartement mewah Saumata di sini.

Get in touch!